Cara Memasang Antena Parabola Sendiri

Cara Memasang Antena Parabola Sendiri - Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara memasang antena parabola, silakan simak uraian berikut ini. Jika Anda sudah membeli antena parabola namun tidak tahu bagaimana cara memasangnya, jangan bingung Anda dapat memasang antena parabola tersebut sendiri tanpa harus memanggil tukang. Sebelumnya, siapkan peralatan terlebih dahulu yang akan digunakan untuk pemasangan antena parabola. Di antaranya yaitu obeng, kunci inggris, kunci pas (ukuran 10, 17 dan 19), kompas, kunci ring dan jika ada angle meter. Untuk antena, Anda harus menyiapkan LNB C atau Ku Band, penyangga tiang dan dish atau parabola reflektor.

cara memasang antena parabola matrix,cara pasang parabola 2 lnb,cara memasang antena parabola yang baik dan benar

Langkah Cara Memasang Antena Parabola

1. Pasang antena
pertama-tama Pasanglah tiang antena dimana saja, namun dengan syarat dish atau parabola reflektor bebas hambatan. Maksudnya dish tidak menghadap pohon-pohon. oleh karena itu, banyak yang memasang antena parabola di atas atap rumah. Pemasangannya sendiri harus tepat yaitu antena tegak lurus dan jangan sampai goyang. Jika perlu, tiang antena dapat dicor menggunakan semen lalu gunakan bracket dish di atas tiang. Pergerakannya dish harus lah ke barat atau ke arah timur, untuk itu gunakan lah kompas agar arah semakin tepat dan akurat.

2. Pasang penyangga LNB
Selanjutnya,cara pasang parabola sendiri yaitu memasang penyangga LNB juga LNB. pastikan LNB mengarah ke arah titik tengah dish, jangan sampai miring ke kanan ataupun ke kiri walau sedikit saja. Jangan lupa untuk mengencangkan baut agar pemasangan antena parabola ini kokoh. Pemasangan LNB lebih dari 1 lebih disarankan agar satelit yang tertangkap juga semakin banyak. Untuk cara memasang antena parabola yang satu ini, Anda dapat menggunakan Diseq. Dimana hanya akan menggunakan 1 buah kabel saja dari banyaknya LNB yang digunakan.

3. Pasang kabel antena
Kemudian, pasang kabel antena dengan benar juga kencang. Dapat menggunakan isolatip bermaterial bagus untuk mencegah ada korosi terhadap pangkal kabel. Kabel-kabel yang ada di penyangga LNB sebaiknya diikat agar terlihat lebih rapi dan tidak berantakan. Namun jangan lupa untuk memberikan kelonggaran agar tidak mengganggu pergerakan dish.

4. Cari sinyal satelit
Setelah Cara memasang antena parabola sudah selesai, Anda dapat mencoba apakah pemasangan yang Anda lakukan benar atau tidak dengan melakukan pencarian sinyal. Agar lebih memudahkan dalam pencarian sinyal, gunakan Satelit Palapa sebagai patokan. Anda dapat menggunakan receiver untuk mencari intensitas sinyal secara otomatis.

Itulah bagaimana cara memasang antena parabola sendiri yang dapat Anda coba di rumah dengan mudah. Untuk pencariannya sendiri, posisi antena harus tepat karena jika kurang tepat maka sinyal yang ditangkap akan lemah atau bahkan tidak tertangkap. Cukup mudah bukan cara memasang parabola ini? Anda tidak perlu takut untuk mencobanya Yang terpenting ikuti langkah-langkah di atas dengan benar dan lakukan secara hati-hati. Demikian yang dapat disampaikan mengenai cara memasang antena parabola, semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Cara Melacak Orang Melalui GPS Menggunakan Aplikasi

Cara Melacak Android Dengan IMEI Untuk Temukan HP Yang Hilang